http://daenkblog.blogspot.com

Kamis, 03 November 2011

Prolog

Salam kenal saudara sebangsa setanah air. Saya Zaenudin mahasiswa tingkat akhir S1 Departemen Gizi Masyarakat, Institut Pertanian Bogor. Pada beberapa saat ke depan saya mencoba berbagi kepada saudara sebangsa setanah air mengenai masalah gizi, terutama masalah gizi yang berkaitan dengan kesehatan.

Pada dasarnya gizi merupakan ilmu tentang makanan dalam hubungannya dengan kesehatan optimal/ tubuh. Akan tetapi seiring dengan perkembangan jaman ilmu gizi semakin berkembang ke dalam berbagai bidang, seperti masalah gizi dan kesehatan, manajemen dan jasa makanan, masalah ketersediaan pangan, dsb.

Pada blog ini saya akan coba lebih menekankan masalah gizi dan kesehatan. Masalah kesehatan yang terkait gizi di Indonesia semakin kompleks dalam beberapa dekade mendatang, karena Indonesia masih memerlukan waktu yang panjang untuk memerangi kemiskinan yang erat kaitannya dengan kekurangan gizi.

Peran asuhan gizi (nutrition care) sebagai bagian dari perawatan pasien Rumah Sakit, juga semakin penting dengan berkembangnya konsep perawatan pasien dengan pendekatan menyeluruh. Kualitas asuhan gizi di Rumah Sakit sangat menentukan outcome perawatan rumah sakit. Semakin baik kualitas asuhan gizi rumah sakit semakin tinggi tingkat kesembuhan pasien, semakin pendek lama rawat dan semakin kecil biaya perawatan rumah sakit. Akan tetapi asuhan gizi dan peraan ahli gizi rumah sakit belum mendapat perhatian yang memadai karena manajemen dan kualitas pelayanan gizi di rumah sakit masih rendah. 

Untuk bisa mengatasi masalah gizi yang semakin kompleks dengan sumber daya dan dana yang terbatas, diperlukan pengetahuan dan keterampilan yang memadai bagi ahli gizi dalam manajemen pelayanan gizi baik pasien maupun pada tingkat instalasi gizi rumah sakit. Di samping usaha-usaha promotif dan edukatif dengan melibatkan partisipasi masyarakat luas juga harus menjadi bagian terpadu dari penanganan masalah gizi di Indonesia.

Oleh karena itu, melalui blog ini saya akan berbagi banyak hal mengenai masalah gizi dan kesehatan serta isu-isu perkembangannya. Semoga info-info yang saya berikan dapat bermanfaat bagi saudara sebangsa setanah air dalam penaggulangan masalah gizi dan kesehatan.

Blog Terkait :
ulqigm45.blogspot.com
ahmadsoleman.blogspot.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar